Jumat, 18 November 2011

B B King

Riley B. King (lahir September 16, 1925),,lebih dikenal dengan nama B.B. King. Awal karirnya Pada tahun 1949, King mulai merekam lagu-lagu di bawah kontrak dengan Los Angeles berbasis RPM Records. Banyak dari awal King rekaman diproduksi oleh Sam Phillips , yang kemudian mendirikan Sun Records . Sebelum kontrak RPM, King telah memulai debutnya di Bullet Records dengan mengeluarkan single "Miss Martha King" (1949), yang tidak grafik dengan baik.
King sempat membuat band sendiri, BB King Review, di bawah kepemimpinan Millard Lee. Band ini awalnya terdiri dari Calvin Owens dan Kenneth Sands (terompet), Lawrence Burdin (saksofon alto), George Coleman (saksofon tenor), [8] Floyd Newman (saksofon bariton), Millard Lee (piano), George Joyner (bass) dan Earl Hutan dan Ted Curry (drum).
Onzie Horne adalah seorang musisi terlatih ditimbulkan sebagai arranger untuk membantu King dengan komposisi nya.
King sempat mengaku bahwa dia tidak dapat bermain dengan Chord yang baik, selalu bergantung pada Improvisasi. Bandnya sempat tour ke kota - kota seperti Washington, DC, Chicago, Los Angeles, Detroit dan St Louis.

King dilantik menjadi Blues Hall of Fame pada tahun 1980. Pada tahun 2004 ia dianugerahi internasional Polar Music Prize , yang diberikan kepada seniman "pengakuan terhadap prestasi yang luar biasa dalam penciptaan dan kemajuan musik.*
King muncul di The Blues Brothers 2000 , bermain bagian dari penyanyi utama dari Louisiana Gator Boys, bersama dengan Eric Clapton, Dr John , Koko Taylor dan Bo Diddley .


Penghargaan B.B King :

Pada tahun 1980, ia dilantik ke dalam Hall of Fame Blues .
Pada tahun 1987, ia dilantik menjadi Rock & Roll Hall of Fame .
Pada tahun 1990, ia dianugerahi National Medal of Arts .
Pada tahun 2009, BB King # 3 pada daftar dari 10 gitaris listrik terbaik sepanjang masa.
Grammy Awards
King diberi Grammy Lifetime Achievement Award 1987. sampai 2009, ia telah memenangkan 15 Grammy Awards, yang sepuluh telah menjadi Grammy Award untuk Best Album Tradisional Blues.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar