Jumat, 18 November 2011

Carlos Santana

Nama Asli : Devadip Carlos Santana
Tempat/Tgl Lahir : Mexico / 20 Juli 1947
Gaya Permainan : Latin Rock
Group Band : Santana
Pengaruh musikal : Musik Latin, Blues, Jimi Hendrix, Jazz, Bob Dylan
Gitaris Favorit : Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan
Gitar Yang Digunakan : Paul Reed Smith Santana signature, Alvarez-Yairi CY127CE nylon-string acoustic,
Efek : Ibanez Tube Screamer, Mu-Tron Wah Pedal
Ampli : Mesa/Boogie Mark I amp head, Fender Cyber Twin amp, Motion Sound AR-112 rotary guitar amps (2), Mesa/Boogie 1×12 cabinet, Marshall 4×12 speaker cabinets with Celestion G12M Greenback speakers

Carlos Santana..gitaris meksiko kelahiran amerika ini dikenal sebagai pemimpin dari band yang menyandang nama terakhir yaiytu SANTANA, yang telah berhasil melakukan tur dan dicatat sejak akhir 60-an. Ia juga mencatat serangkaian eksplorasi album solo dan kolaborasi dengan musisi lain yang memperluas dasar gaya musiknya.

Carlos Santana dibesarkan di Meksiko, putra dari seorang ayah yang adalah seorang pemain biola mariachi. Dia mengambil biola pada lima, tapi di delapan beralih ke gitar. Keluarga itu pindah ke Tijuana, di mana ia mulai bermain di klub dan bar. Pada awal tahun 60-an, keluarganya pindah ke San Francisco. Santana pada awalnya tetap di Tijuana, tapi ia kemudian bergabung dengan mereka dan dihadiri Misi High School, lulus pada bulan Juni 1965. Pada tahun 1966, ia adalah salah satu pendiri Santana Blues Band. Meskipun nama, kelompok ini pada awalnya sebuah kolektif, melainkan diperlukan untuk nama pemimpin nominal karena penyediaan serikat musisi. Nama itu akhirnya diperpendek menjadi Santana dan gelombang debut di teater Fillmore West di San Francisco pada tanggal 16 Juni 1968. Pada bulan September, Carlos bermain gitar di sebuah konser yang diselenggarakan di Barat Fillmore oleh Al Kooper untuk merekam tindak lanjut ke album Sesi Super yang menampilkan dia dengan Mike Bloomfield dan Steve Stills. Hasilnya adalah Petualangan Live Mike Bloomfield dan Al Kooper, yang menandai debut rekaman Santana.

Sementara itu, Santana dikontrak Columbia Records dan merekam album debut. Pada titik ini, kelompok itu adalah musik untuk enam orang yang terdiri dari Carlos (gitar), Gregg Rolie (keyboard dan vokal), David Brown (bas), Michael Shrieve (drum), Jose "Chepito" Wilayah (perkusi), dan Michael Carabello (perkusi ). Santana berkeliling Amerika Serikat sebelum rilis album, termasuk penampilan terkemuka di festival Woodstock dirayakan pada bulan Agustus 1969 yang direkam dan dicatat. Santana dirilis bulan yang sama, dan itu menjadi hit besar, seperti juga tindak-up nya Abraxas (1970) dan Santana III (1971). Setelah menyelesaikan rekaman dan tur kegiatan sehubungan dengan Santana III, band asli Santana putus.

Carlos tetap memiliki hak untuk nama grup dan dia melanjutkan untuk memimpin sebuah band bernama Santana dari itu, meskipun terdiri dari dirinya sendiri dan koleksi terus berubah dari musisi disewa. rekaman pertamanya setelah pecahnya kelompok asli live show dilakukan di Hawaii dengan penyanyi dan drummer Buddy Miles, dirilis pada bulan Juni 1972 sebagai Carlos Santana & Buddy Miles! Live! Konsisten dengan keberhasilan band Santana, album mencapai Top Ten dan akhirnya pergi platinum. Mengikuti rilis album band Santana losmen (1972), Carlos membentuk duo dengan John McLaughlin, gitaris Mahavishnu Orchestra. Dua bersama seorang pemimpin spiritual di Sri Chinmoy guru, yang diberikan kepada Carlos Devadip nama, yang berarti "mata, lampu, dan cahaya Allah." Devadip Carlos Santana dan duet album Mahavishnu John McLaughlin's Love Pengabdian Menyerah dirilis pada bulan Juni 1973. Itu mencapai 20 Top dan akhirnya pergi emas. Setelah merilis proyek lain Santana band, Selamat Datang, Carlos berikutnya bekerja sama dengan murid lain agama, Turiya Alice Coltrane, janda John Coltrane, untuk album duo ketiga. kolaborasi mereka, iluminasi, dirilis pada bulan September 1974; itu selama dua bulan di tangga lagu, memuncak pada kuartal bawah 100 Top.

Carlos berfokus pada pita Santana untuk sebagian besar sisa tahun 1970-an, merilis serangkaian album emas atau platina: Borboletta (1974), Amigos (1975), Festival (1976), Moonflower (1977), dan Inner Secrets (1978) . Pada Februari 1979, ia akhirnya merilis album solo pertamanya nyata,, setengah hidup setengah-studio Keesaan / Silver Dreams - Realita Golden, benar-benar dikreditkan ke Devadip. Seperti iluminasi, itu menghabiskan beberapa bulan di tangga lagu dan mencapai puncaknya pada kuartal bawah Top 100. Setelah album lain band Santana emas, Marathon (1979), ia kembali bekerja solo dengan koleksi jazz double-LP The Swing yang penuh kenikmatan pada bulan Agustus 1980. Menampilkan tamu seperti Herbie Hancock, Wayne Shorter, dan Ron Carter, dan terjual sedikit lebih baik dari album solo sebelumnya. Dua album band lebih Santana, Zebop! (1981) dan Shango (1982), diikuti sebelum Carlos merilis sebuah usaha solo yang lebih pop-oriented, Havana Moon, pada bulan April 1983. Menampilkan Willie Nelson, Booker T. Jones, dan Fabulous Thunderbirds, album mencapai top 40, sebenarnya yang menunjukkan lebih baik daripada album band Santana berikutnya, Beyond Penampilan (1985). Pada tahun 1986, Carlos melakukan skor pertama musiknya, menulis musik untuk film Ritchie Valens La Bamba biografi. Ia kemudian membuat album lain band Santana, Freedom (1987), dan mengikutinya pada bulan Oktober tahun 1987 dengan album solo, Blues untuk Salvador. Album ini tidak menjual dengan baik, tapi judul lagu pertamanya Carlos memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance. Setelah album band Santana final untuk Columbia Records, Alkohol Tari di Daging itu (1990), Carlos meninggalkan label dan menandatangani untuk Polydor, yang memberinya label sendiri kebiasaan-Nya, Usus dan Grace. Yang Santana band album pertama untuk perusahaan baru, Milagro, diikuti oleh apa yang diproyeksikan menjadi serangkaian rilis kaset dari koleksi Carlos sendiri 'dari musisi favoritnya, Live Forever: Sacred Sumber 1, yang menampilkan Jimi Hendrix, Marvin Gaye, Bob Marley, Stevie Ray Vaughan, dan John Coltrane. Lalu datanglah sebuah band Santana album live (Sacred Fire - Live di Amerika Selatan, 1993) dan pada bulan September 1994, Carlos Santana Brothers dirilis, album trio juga menampilkan saudaranya Jorge Santana dan keponakan mereka, Carlos Hernandez. Hal memetakan singkat dan dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance.

Carlos menghabiskan hampir lima tahun dari rekaman, tidak kembali sampai Juni 1999 ketika ia mengeluarkan Supernatural di Arista Records. Album Santana band menampilkan banyak lagu bersama-ditulis oleh bintang tamu, seperti Rob Thomas dari kotak korek api 20, Eric Clapton, Lauryn Hill, dan lain-lain. Mondar-mandir dengan nomor satu single "Smooth" dan "Maria Maria," album ini menjadi hit terbesar dalam karir Santana, menjual ke atas dari sepuluh juta kopi. Hal ini juga memenangkan Grammy Awards Santana . 

Diskografi
  • Santana (1969)
  • Abraxas (1970)
  • Santana III, (1971)
  • Caravanserai (1972)
  • Welcome (1973)
  • Lotus (1974)
  • Borboletta (1974)
  • Amigos (1976)
  • Festival (1977)
  • Moonflower (1977)
  • Inner Secrets (1978)
  • Marathon (1979)
  • Zebop! (1981)
  • Shango (1982)
  • Beyond Appearances (1985)
  • Freedom (1987)
  • Viva Santana! (1988)
  • Spirits Dancing in the Flesh (1990)
  • Milagro (1992)
  • Sacred Fire: Live in South America (1993)*
  • Live at the Fillmore '68 (1997)
  • Supernatural (1999)
  • Shaman (2002)
  • All That I Am (2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar